Langsung ke konten utama

tugas 1 ilmu sosial dasar


Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk

Sesuatu yang hidup di dunia ini pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Adanya pertumbuhan di dunia ini menandakan bahwa Tuhan itu ada seperti yang kita lihat dan kita rasakan, kita lahir di dunia ini tumbuh menjadi balita, masa kanak-kanak, remaja dan dewasa ini adalah bukti dari petumbuhan manusia.
perkembangan yang ada itu dapat terlihat baik secara fisik  maupun secara nonfisik, misalnya adalah perubahan pola pikir.selain itu dapat di amati juga setiap hari di sebagian daerah ada yang meninggal dan ada yang lahir.
Jumlah penduduk di suatu daerah selalu mengalami perubahan, dan perubahan tersebut di sebabkan adanya pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ada yang positif dan ada yang negative, yang positif diartikan penduduk tersebut bertambah, dan yang negative di artikan jumlah penduduk menurun.
Faktor-faktor yang mempengaruhi  pertumbuhan penduduk ialah :
1.kematian (mortalitas)
2.kelahiran
3.migrasi

-      Kematian (mortalitas) bersifat mengurangi jumlah penduduk di dunia
-      Kelahiran (natalitas) bersifat menambah penduduk di dunia
-      Migrasi yaitu perpindahan penduduk
PENGERTIAN MIGRASI
Migrasi adalah penpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain, dan juga dapat di artikan sebagai perpindahan relative permanen dari suatu daerah (Negara) ke daerah lain (Negara) lain.

MACAM-MACAM MIGRASI INTERNASIONAL
-      Imigrasi : masuknya penduduk dari Negara lain bertujuan untuk menetap
Contoh : seperti artis yang sedang tenar sekarang ini yaitu Nino Fernandez dia lahir di jerman, dan sekarang sudah menetap di Indonesia dan sudah menjadi warga Indonesia yang tetap.
-      Emigrasi : pindah atau keluarnya penduduk dari suatu Negara ke Negara
yang lain bertujuan untuk menetap
contoh : tenaga kerja wanita indonesia yang bekerja ke luar luar negri misalkan ke Malaysia, arab, hongkong dan lain-lain.
-      Remigrasi : kembalinya penduduk dari Negara lain
Contoh : KJRI Dubai memulangkan TKI ke Indonesia karna terkait dengan persoalan hokum para TKI

MACAM-MACAM MIGRASI NASIONAL
-      Transmigrasi : pindahnya peduduk dari pulau yang padat  ke pulau yang jarang penduduknya
Contoh : pindahnya penduduk jawa ke pulau Kalimantan
-      Urbanisasi : perpindahan penduduk dari desa ke kota
Contoh : perpidahan penduduk desa Surabaya ke kota jakarta
PROSES-PROSES MIGRASI
1.  Para migran cenderung memilih daerah untuk pindah ke daerah yang lebih dekat dengan daerah asalnya
2.  Kurangnya kesempatan kerja di daerah asal dan adanya kesempatan kerja di daerah lain
3.  Makin tinggi pendapatan seseorang, makin tinggifrekuensi mobilitas seseorang tersebut
4.  Migran cenderung memilih daerah tujuan dimana sanak saudara atau kenalan yang berada di daerah tersebut.
5.  Migrasi akan terjadi apabila di suatu daerah ada bencana alam ( banjir, gempa bumi, dan sebagainya)
AKIBAT MIGRASI
-      Penduduk kurang bias beradaptasi dengan tempat barunya
-      Bias terjadi kepadatan penduduk lagi, tetapi kemungkinannyasedikit karena rata-rata orang di imigrasikan ke tempat yang cenderung sepi
-      Meningkatnya kriminalitas di kota
-      Lalu lintas di kota sangat padat,sehingga sering menimbulkan kemcetan lalu lintas
-      Meningkatnya pengangguran di kota
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN DI INDONESIA
KASUS : dulu penduduk di Indonesia lebih banyak menganut agama Hindu dan Budha yaitu pada abad ke 3-15, agama ini banyak meninggalkan peninggalan yang amat bersejarah untuk Negara Indonesia yaitu misalkan kitab, prasasti, yupa, arca, candi. Dan juga pertunjukan wayang yang sudah mulai ada pada zaman kerajaan hindu, pada masa pemerintahan raja Balitung yang menceritakan kisah Mahabarata dan Ramayana. Lalu pada abad 15 masuklah agama islam yang di bawa oleh pedagang Gujarat , arab dan Persia. Sambil berdagang mereka membawa pengaruhdan menyebarkan agama islam, kerajaan islam pertama adalah kerajaan samudra pasai dan islam pun berkembang di tanah jawa dan mulailah ada pemuka islam yang di sebut WAli Songo. Penyabaran agama islam tidak hanya melewati perdagangan tetapi juga  melewati pernikahan, pendidikan dan seni budaya. Seperti wayang kulit pada masa sunan kali jaga, ukiran-ukiran  yang bercorak islam yang berkembang menjadi kaligrafi di jepara.
ANALISIS
Agama di Indonesia bukan hanya hindu budha dan islam tetapi ada juga Kristen katolik dan juga Kristen protestan.tetapi mayoritas penduduk atau masyarakat Indonesia menganut agama islam, karna zaman semakin modern fasilitas lengkap keanekaan barang yang indah makin lama masyarakat Indonesia mengikuti gaya atau style orang luar atau orang asing, tidak semua wanita muslim di Indonesia memakai hijab, sebagian dari wanita tersebut lebih suka memakai baju seperti orang luar pakai,hanya untuk beralasan modern,dan juga sekarang sebagian dari umat islam jarang menyapa menggunakan salam khas islam yaitu (assalamu’alaikum) mereka lebih menyukai menyapa dengan menggunakan perkataan selamat pagi, selamat siang dan lainnya.
KEBUDAYAAN BARAT
TWERKING 
Twerking adalah tarian asal dari amerika yaitu biasanya di bawakan oleh penari wanita yang menggoyangkan pinggul dan bokongnya sambil setengah menunduk, tarian ini sedang popular di negara tersebut, tarian ini adalah tarian seksual yang menyodorkan bokong wanita ke laki-laki.
ANALISIS
Tarian ini sangatlah tidak bagus, dan tidak mencontohkan sikap kesopanan, karna tarian ini mendekati gaya seksual dan penarinya pun berjoget dengan hanya menggunakan pakaian mini yang amat membuka aurat wanita.


Referensi
http://reregeo.blogspot.com/2012/07/faktor-faktor-yang-mempengaruhi_6916.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Twerking

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA BARUUUUUUUUU~~~

MY KOCE Kadang terfikirkan jika saja mereka bisa berbicara aku ingin sekali bertanya kepada mereka mengenai makanan yang aku berikan kepada mereka, pertanyaan yang ingin kutanyakan ialah...   lebih enak mana ikan tongkol atau makanan petshop ?? HAHA Kebanyakan orang tua yang mempunyai anak perempuan yang umurnya sudah matang alias dewasa biasanya akan menanyakan mengenai ‘’jodoh’’. Dan biasanya lagi wanita yang sudah memiliki umur yang cukup matang bisa dikatakan sekitar 19-25 mereka akan dinikahkan oleh orang tua mereka, caranya berbeda-beda sih.. ada yang dicarikan jodoh dan adapula yang mencari jodohnya sendiri lalu menunjukan dan mengenalkan calon si wanita kepada orang tua mereka. Kebanyakan wanita yang sudah di suruh menikah oleh orang tua nya yaitu mereka yang tinggal di di daerah, saya megatakan seperti ini didasarkan oleh pengalaman mengenal teman yang tinggal di semua daerah di Indonesia, kebanyakan yang sudah menikah sejak berumur 19 mereka yang bertinggal d

tugas ke 6 ilmu sosial dasar masyarakat perdesaan dan masyarakat perkotaan

lili sahara 14612204 2sa04 TUGAS   VI   MASYARAKAT PERDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN 1.   MASYARAKAT *Pengertian :   sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. *syarat-syarat menjadi masyarakat 1.Sejumlah manusia yang hidup bersama dalam waktu yang relatif lama 2.Merupakan satu kesatuan 3. Merupakan suatu sistem hidup bersama, yaitu hidup bersama yang menimbulkankebudayaan dimana setiap anggota masyarakat merasa dirinya masing-masing terikat dengan kelompoknya. *tipe masyarakat masyarakat paksaan, misalnya Negara, masyarakat tawanan, dan lain-lain masyarakat merdeka, yagn terbagi dalam : masyarakat nature, yaitu masyarakat yang terjadi dengan sendirinya, seperti gerombolan, suku, yang bertalian dengan hubungan darah atau keturunan masyarakat kultur, yaitu masyarakat yang terjadi karena kepentingan ked