SEGAR CAFE
LATAR BELAKANG
b. kelemahan
• Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
• Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan menu makanan, minuman dan dessert yang mungkin tidak ada di pesaing lain, dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
LATAR BELAKANG
Banyaknya
hal yang di butuhkan oleh masyarakat terutama dalam hal pangan, masyarakat pun
membutuhkan tempat untuk melepas lelah atau mencari tempat refreshing yang bisa
menyegarkan suasana kembali. Ke “SEGAR CAFE”
adalah salah satu solusi terbaik untuk menyegarkan fikiran,menyegarkan
fikiran dan juga bisa mengenyangkan perut masyarakat. Di samping sudah menjadi budaya khusus di Indonesia, masyarakat terbukti
mempunyai minat yang amat besar untuk mengunjungi tempat yang di gemari semua
usia ini. Melihat dampak dari hal
tersebut kami berinisiatif untuk mendirikan Usaha dalam bidang Kuliner dalam
bentuk Kafe yang Bernama”SEGAR CAFE”.di Cafe ini kami menyediakan menu khas
Makanan dalam negeri, dan jjuga dilengkapi dengan aneka dessert yang bisa
memuaskan pelanggan aau tamu kami. sehingga tidak hanya warga Jakarta yang
dapat menikmati menu makanan kami tetapi para pendatang dari luar negeri pun juga
dapat menikmati sajian makanan dari Cafe kami.
Cafe kami juga memiliki keunikan yang tidak pernah ada di kota kami ini
Jakarta, cafe kami memiliki kamar mandi yang terdapat di pinggir kanan kafe
yaitu dengan 3 kamar mandi, kamar mandi ini tidak memiliki pintu tetapi kamar
mandi yang kami design ini memiliki
shower dengan air yang sejuk kami juga menyiapkan shampo untuk para tamu jika
para tamu ingin memakainya, Kami pun
menyiapkan baju handuk untuk para tamu jika mereka ingin mengganti pakaian
mereka, mereka bisa mengganti pakaian mereka di kamar ganti yang ada di
belakang.
Cafe
kami memiliki tiga lantai, dan pada lantai pertama dimana ada dua bagian yang
memisahkan tempat duduk para tamu,
sebelah kanan kami dekorasi dengan lantai kayu karena tempat ini dekat dan di
sekitar kamar mandi, dan tempat tamu untuk mennikmati hidangan kami design
dinding dengan dinding kotak kecil seperti kamar mandi sungguhan dan tempat
duduk pun memanjang berbentuk “U” dengan
meja di tengahnya, lantainya terbuat
dari lantai marmer yang biasa digunakan di kamat mandi, kami menyiapkan 3
tempat untuk para tamu, tamu yang sedang menikmati hidangan pun bisa menikmati
hidangan mereka dengan memakai baju handuk yang kami sediakan tetapi karena
baju mereka basah, mereka bisa membeli pakaian yang yang kami jual di lantai
dua, kami menjual pakaian lengkap dengan pakaian dalamnya, dan jika para tamu
ingin memebawa pakaian mereka dari rumah, kami memperbolehkannya. Dan di
sebelah kiri cafe tempatnya sama seperti cafe yang lain terdapat meja yang bisa
di isi oleh4 orang. Cafe kami dilengkapi dengan Ac dan kami tidak menyediakan
tempat duduk diluar karena sesuai dengan nama cafe kami yaitu “Segar Cafe” cafe kami memeberikan kesegaran dan kesejukan
kepada tamu atau pelanggan yang datang ke cafe kami.
MANFAAT USAHA
Manfaat
ekonomi :
Usaha
segar cafe ini sangat menguntungkan, karena hasil yang didapat pun tidak hanya
dari cafe, tetapi didapat juga dari penjualan pakaian. Kami memebrikan
kenikmatan dan solusi terbaik ketika masyarakat membutuuhkan refreshing, dan
kami juga menyediakan makanan dan dessert yang murah tetapi tidak murahan
dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan
usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
Manfaat
sosial :
Bagi
pemilik :
Pemilik
berharap usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri.
Usaha ini cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak daerah-daerah di
Indonesia yang belum mempunyai cafe seperti segar cafe ini, sehingga kita dapat
memasarkannya ke daerah tersebut.Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik
usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis, tetunya
mendapatkan keuntungan yang bagus. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam
menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang
diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya
karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain
sebagainya.
Bagi
Masyarakat
Dengan
adanya segar cafe ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat
untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.Selain itu juga secara tidak langsung
dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna
apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu
dalam kelancaran usaha.
RUMUSAN
MASALAH
1.
Apakah cafe ini akan ramai setiap hari?
2.
Terujikah makanan yang di sediakan di
cafe saya ini aman atau tidaknya ?
PRODUK
1.
Aneka ragam nasi goreng
-
Nasi goreng biasa
-
Nasi goreng + telur
-
Nasi goreng + ikan asin
-
Nasi goreng + ayam
-
Nasi goreng special
2.
Hamburger
-
Hamburger + fries
-
Cheese burger + fries
-
King burger + fries
-
Double beef and double cheese + fries
3.
Steak
-
Beef steak
-
Blackpepper
-
Chicken pepper
-
Beef burger
4.
Aneka roti
-
Roti susu keju
-
Roti susu keju coklat
-
Roti susu keju coklat strawberry
-
Roti susu coklat
-
Roti susu strawbery
5.
Minuman
Hot and cold dring
-
Cappucino
-
Cafe latte
-
Vanilla latte
-
Cramel latte
-
Green tea latte
-
Mochacino
-
Choco mint
-
Chocolate
-
Lemon tea
-
Fanta
-
colla
Dessert
-
Tiramisu
-
Semifreddo
-
Matcha green tea
-
Es campur tape ketan hitam
-
Strawberry Mousse Puding
-
Orange cake puding
-
Es semangka melon
-
Es Agar-Agar Domino
ANALISIS
SWOT
1. Faktor internal.
a .Kekuatan
• Penyajian di cafe ini tidaklah lama dan banyak waktu dalam penyajiannya.
• Harga makanan di cafe ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• makanan dan munam serta desserrt yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
• Karna makanan, minuman dan sessert mempunyai variasi dan rasa yang berbeda, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
• Perlengkapannya mudah di dapatkan.
a .Kekuatan
• Penyajian di cafe ini tidaklah lama dan banyak waktu dalam penyajiannya.
• Harga makanan di cafe ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• makanan dan munam serta desserrt yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
• Karna makanan, minuman dan sessert mempunyai variasi dan rasa yang berbeda, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
• Perlengkapannya mudah di dapatkan.
b. kelemahan
• Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
• Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
2.faktor eksternal
a.kekuatan
di indonesia sudah
banyak cafe yang menjual makanan yang serupa dengan cafe kami, dan tujuan para
pelanggan untuk ke tempat ini pun sama yaitu untuk menikmati hidangan tetapi
kelebihan yang kami punya atau kekuatan, kami memiliki cafe yang unik yang
dapat mempersilahkan pelanggan atau tamu untuk merasakan kesejukan air dari
kamar yang di buat untuk para tamu jika para tamu ingin membasahi badan mereka.
b.kekurangan
Menurunnya pendapatan
masyarakat akan mempengaruhi usaha ini.
Masyarakat lebih suka makan makanan yang di sediakan dirumah dibandingkan di
luar atau cafe kami.
PERENCANAAN USAHA
Dalam Jangka pendek
Dalam jangka pendek
ini rencana saya hanya ingin berbisnis segar cafe ini, saya akan menambah menu
makanan serta dessert dan minuman sesuai keinginan dari pelanggan, dan juga
menambah model pakaian yang kami jual di lantai 2 cafe kami.
Dalam Jangka Panjang
Dalam jangka panjang
saya ingin membuka cabang di 2 kota besar di Jawa Barat seperti Bandung dan Surabaya, dan saya akan menambahkan motif
cafe kami ini, tidak hanya mempunyai kamar mandi, tetai cafe kami nanti yang
ada di 3 Kota besar ini dengan tema hutan, pantai dan tema gurun pasir. Saya
akan terus menekuni bidang ini. Saya akan membuatnya semakin berkembang dan
maju. Saya akan terus mempromosikan usaha saya, baik dari mulut ke mulut,
media online, dan media yang lainnya.
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
Target Pasar
Usaha cafe ini berlokasi JakartaUtara di daerah pantai indah kapuk.
lokasi tersebut banyak di didatangi oleh
masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kami ini
mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu
masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
PESAING
Pesaing cafe kami
ini tentunya juga dengan cafe lainnya, tetapi modal kami yaitu bersaing dengan
sehat, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita
bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa
membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun
kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan
persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan
dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
SASARAN PEMBELI
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas.Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan.Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp 40.000.
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas.Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan.Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp 40.000.
STRATEGI PEMASARAN
Dengan media Internet
Promosi yang kami
lakukan yaitu dengan menggunakan media internet,
seperti dapat melalui facebook, twitter, blog, instagram dll. Karna sebagian besar
masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat
mengetahui usaha kita,
Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha cafe ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha cafe ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan menu makanan, minuman dan dessert yang mungkin tidak ada di pesaing lain, dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
LANGKAH-LANGKAH PROMOSI
Cafe kami
menyiapkan paket makanan yang murah dan biasanya banyak diminati mahasiswa
yaitu paket nasi goreng+ikan asin dengan fanta yang sebelumnya seharga Rp 20.000
menjadi Rp17.000 . lalu pada menu hamburger dengan kentang goreng atau french
fries dan cola yang harganya bisa Rp 20.000 menjadi Rp 17.000. dan untuk malam
minggu harga makanan dan minuman di kurangi sebanyak 5%.
ANALISIS OPERASIONAL
-
Modal
-
Sumber modal
-
Modal sendiri : Rp 900.000.000
-
Modal dari investor : Rp 75.000.000
- Lapak
-
gedung : Rp 300.000.000
-
Aksesoris cafe : Rp 200.000.000
-
meja dan kursi : Rp 100.000.000
-
pakaian yang di jual : Rp 200.000.000
- handuk : Rp.3000.000
- shampo : Rp 2.000.000
-
Alat WIFI 3 buah : Rp 2.000.000
-
AC 7 buah : Rp 20.000.000
HARGA PRODUK
Makanan
-
Nasi goreng biasa :
Rp 10.000
-
Nasi goreng + telur : Rp
12.000
-
Nasi goreng + ikan asin : Rp 15.000
-
Nasi goreng + ayam : Rp
15.000
-
Nasi goreng special : Rp
20.000
6.
Hamburger
-
Hamburger + fries : Rp 12.000
-
Cheese burger + fries : Rp
15.000
-
King burger + fries : Rp
20.000
-
Double beef and double cheese + fries : Rp 22.000
-
French fries : Rp 7.000
7.
8.
Steak
-
Beef steak : Rp 23.000
-
Blackpepper : Rp 25.000
-
Chicken pepper : Rp 25.000
-
Beef burger : Rp 27.000
9.
Aneka roti
-
Roti susu keju : Rp 8.000
-
Roti susu keju coklat : Rp 12.000
-
Roti susu keju coklat strawberry : Rp 15.000
-
Roti susu coklat : Rp 10.000
-
Roti susu strawbery : Rp
12.000
10.
Minuman
Hot and cold dring
-
Cappucino :
Rp 10.000
-
Cafe latte : Rp 10.000
-
Vanilla latte : Rp 12.000
-
Cramel latte : Rp 12.000
-
Green tea latte : Rp 15.000
-
Mochacino : Rp 12.000
-
Choco mint : Rp 12.000
-
Chocolate : Rp 10.000
-
Lemon tea : Rp 8.000
-
Fanta :
Rp 5.000
-
Colla :
Rp 5.000
Dessert
-
Tiramisu :
Rp 12.000
-
Semifreddo : Rp 15.000
-
Matcha green tea : Rp 15.000
-
Es campur tape ketan hitam :
Rp10.000
-
Strawberry Mousse Puding :
Rp
12.000
-
Orange cake puding : Rp 12.000
-
Es semangka melon : Rp 10.000
-
Es Agar-Agar Domino : Rp 10.000
Analisis
Marketing
·
Penjualan
Penjualan dilakukan 7 kali dalam seminggu tidka ada libur, dilakukan dari pagi
pukul 09.30 hingga malam hari pukul 10.00. Kami juga menerima pesanan
dalam jumlah kecil dan menengah, dikarenakan modal yang terbatas kami
belum mampu melayani jumlah pesanan yang besar.
Pembagian
hasil kerja
Usaha SEGAR CAFE ini merupakan usaha
yang dirintisoleh saya sendiri kemudian berencana mengembangkannya dengan
mencari investor menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu
keuntungan juga kami bagi rata dengan para investor dan para karyawan yang
berpartisipasi dalam membantu usaha ini.
nama : Lili Sahara
kelas : 3sa04
Npm : 14612204
Komentar
Posting Komentar