Langsung ke konten utama

proposal usaha bisnis

                                                         SEGAR CAFE



LATAR BELAKANG

Banyaknya hal yang di butuhkan oleh masyarakat terutama dalam hal pangan, masyarakat pun membutuhkan tempat untuk melepas lelah atau mencari tempat refreshing yang bisa menyegarkan suasana kembali. Ke “SEGAR CAFE”  adalah salah satu solusi terbaik untuk menyegarkan fikiran,menyegarkan fikiran dan juga bisa mengenyangkan perut masyarakat.  Di samping sudah menjadi budaya khusus di Indonesia, masyarakat terbukti mempunyai minat yang amat besar untuk mengunjungi tempat yang di gemari semua usia ini. Melihat dampak dari hal tersebut kami berinisiatif untuk mendirikan Usaha dalam bidang Kuliner dalam bentuk Kafe yang Bernama”SEGAR CAFE”.di Cafe ini kami menyediakan menu khas Makanan dalam negeri, dan jjuga dilengkapi dengan aneka dessert yang bisa memuaskan pelanggan aau tamu kami. sehingga tidak hanya warga Jakarta yang dapat menikmati menu makanan kami tetapi para pendatang dari luar negeri pun juga dapat menikmati sajian makanan dari Cafe kami.  Cafe kami juga memiliki keunikan yang tidak pernah ada di kota kami ini Jakarta, cafe kami memiliki kamar mandi yang terdapat di pinggir kanan kafe yaitu dengan 3 kamar mandi, kamar mandi ini tidak memiliki pintu tetapi kamar mandi  yang kami design ini memiliki shower dengan air yang sejuk kami juga menyiapkan shampo untuk para tamu jika para tamu ingin memakainya,  Kami pun menyiapkan baju handuk untuk para tamu jika mereka ingin mengganti pakaian mereka, mereka bisa mengganti pakaian mereka di kamar ganti yang ada di belakang.

Cafe kami memiliki tiga lantai, dan pada lantai pertama dimana ada dua bagian yang memisahkan tempat duduk  para tamu, sebelah kanan kami dekorasi dengan lantai kayu karena tempat ini dekat dan di sekitar kamar mandi, dan tempat tamu untuk mennikmati hidangan kami design dinding dengan dinding kotak kecil seperti kamar mandi sungguhan dan tempat duduk pun memanjang berbentuk “U”  dengan meja di tengahnya, lantainya  terbuat dari lantai marmer yang biasa digunakan di kamat mandi, kami menyiapkan 3 tempat untuk para tamu, tamu yang sedang menikmati hidangan pun bisa menikmati hidangan mereka dengan memakai baju handuk yang kami sediakan tetapi karena baju mereka basah, mereka bisa membeli pakaian yang yang kami jual di lantai dua, kami menjual pakaian lengkap dengan pakaian dalamnya, dan jika para tamu ingin memebawa pakaian mereka dari rumah, kami memperbolehkannya. Dan di sebelah kiri cafe tempatnya sama seperti cafe yang lain terdapat meja yang bisa di isi oleh4 orang. Cafe kami dilengkapi dengan Ac dan kami tidak menyediakan tempat duduk diluar karena sesuai dengan nama cafe kami yaitu “Segar Cafe”  cafe kami memeberikan kesegaran dan kesejukan kepada tamu atau pelanggan yang datang ke cafe kami.

MANFAAT USAHA
Manfaat ekonomi :
Usaha segar cafe ini sangat menguntungkan, karena hasil yang didapat pun tidak hanya dari cafe, tetapi didapat juga dari penjualan pakaian. Kami memebrikan kenikmatan dan solusi terbaik ketika masyarakat membutuuhkan refreshing, dan kami juga menyediakan makanan dan dessert yang murah tetapi tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
Manfaat sosial :
Bagi pemilik :
Pemilik berharap usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri. Usaha ini cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum mempunyai cafe seperti segar cafe ini, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut.Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis, tetunya mendapatkan keuntungan yang bagus. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.

Bagi Masyarakat
Dengan adanya segar cafe  ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
RUMUSAN MASALAH
1.     Apakah cafe ini akan ramai setiap hari?
2.     Terujikah makanan yang di sediakan di cafe saya ini aman atau tidaknya ?

PRODUK
1.     Aneka ragam nasi goreng
-         Nasi goreng biasa
-         Nasi goreng + telur
-         Nasi goreng + ikan asin
-         Nasi goreng + ayam
-         Nasi goreng special

2.     Hamburger
-         Hamburger + fries
-         Cheese burger + fries
-         King burger + fries
-         Double beef and double cheese + fries

3.     Steak
-         Beef steak
-         Blackpepper
-         Chicken pepper
-         Beef burger

4.     Aneka roti
-         Roti susu keju
-         Roti susu keju coklat
-         Roti susu keju coklat strawberry
-         Roti susu coklat
-         Roti susu strawbery


5.     Minuman
Hot and cold dring
-         Cappucino
-         Cafe latte
-         Vanilla latte
-         Cramel latte
-         Green tea latte
-         Mochacino
-         Choco mint
-         Chocolate
-         Lemon tea
-         Fanta
-         colla

Dessert
-         Tiramisu
-         Semifreddo
-         Matcha green tea
-         Es campur tape ketan hitam
-         Strawberry Mousse Puding
-         Orange cake puding
-         Es semangka melon
-          Es Agar-Agar Domino


ANALISIS SWOT
1. Faktor internal.
a .
Kekuatan
• Penyajian
di cafe ini tidaklah lama dan banyak waktu dalam penyajiannya.
• Harga
makanan di cafe ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
makanan dan munam serta desserrt yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
• Karna
makanan, minuman dan sessert mempunyai variasi dan rasa yang berbeda, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
• Perlengkapannya mudah di dapatkan.

b.
kelemahan
• Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
• Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
2.faktor eksternal
a.kekuatan
di indonesia sudah banyak cafe yang menjual makanan yang serupa dengan cafe kami, dan tujuan para pelanggan untuk ke tempat ini pun sama yaitu untuk menikmati hidangan tetapi kelebihan yang kami punya atau kekuatan, kami memiliki cafe yang unik yang dapat mempersilahkan pelanggan atau tamu untuk merasakan kesejukan air dari kamar yang di buat untuk para tamu jika para tamu ingin membasahi badan mereka.
b.kekurangan
Menurunnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi usaha ini. Masyarakat lebih suka makan makanan yang di sediakan dirumah dibandingkan di luar atau cafe kami.
PERENCANAAN USAHA
Dalam Jangka pendek
Dalam jangka pendek ini rencana saya hanya ingin berbisnis segar cafe ini, saya akan menambah menu makanan serta dessert dan minuman sesuai keinginan dari pelanggan, dan juga menambah model pakaian yang kami jual di lantai 2 cafe kami.


Dalam Jangka Panjang
Dalam jangka panjang saya ingin membuka cabang di 2 kota besar di Jawa Barat seperti Bandung  dan Surabaya, dan saya akan menambahkan motif cafe kami ini, tidak hanya mempunyai kamar mandi, tetai cafe kami nanti yang ada di 3 Kota besar ini dengan tema hutan, pantai dan tema gurun pasir. Saya akan terus menekuni bidang ini. Saya akan membuatnya semakin berkembang dan maju. Saya akan terus mempromosikan  usaha saya, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
Target Pasar
Usaha cafe ini berlokasi JakartaUtara di daerah pantai indah kapuk. lokasi tersebut banyak di didatangi oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
PESAING
Pesaing cafe kami ini tentunya juga dengan cafe lainnya, tetapi modal kami yaitu bersaing dengan sehat, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
SASARAN PEMBELI
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas.Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan.Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp
40.000.
STRATEGI  PEMASARAN
Dengan media Internet
Promosi yang kami lakukan yaitu dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog, instagram dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
 Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha
cafe ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan
menu makanan, minuman dan dessert yang mungkin tidak ada di pesaing lain, dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
LANGKAH-LANGKAH PROMOSI
Cafe kami menyiapkan paket makanan yang murah dan biasanya banyak diminati mahasiswa yaitu paket nasi goreng+ikan asin dengan fanta yang sebelumnya seharga Rp 20.000 menjadi Rp17.000 . lalu pada menu hamburger dengan kentang goreng atau french fries dan cola yang harganya bisa Rp 20.000 menjadi Rp 17.000. dan untuk malam minggu harga makanan dan minuman di kurangi sebanyak 5%.


ANALISIS OPERASIONAL
-         Modal
-                  Sumber modal

-          Modal sendiri : Rp 900.000.000
-          Modal dari investor : Rp 75.000.000

-  Lapak

-          gedung : Rp 300.000.000
-          Aksesoris cafe : Rp 200.000.000
-          meja dan kursi : Rp 100.000.000
-          pakaian yang di jual : Rp 200.000.000
-      handuk  : Rp.3000.000
-      shampo : Rp 2.000.000
-          Alat WIFI 3 buah : Rp 2.000.000
-          AC 7 buah : Rp 20.000.000


 HARGA PRODUK

Makanan

-         Nasi goreng biasa                                            : Rp 10.000
-         Nasi goreng + telur                                          : Rp 12.000
-         Nasi goreng + ikan asin                                   : Rp 15.000
-         Nasi goreng + ayam                                        : Rp 15.000
-         Nasi goreng special                                         : Rp 20.000

6.     Hamburger
-         Hamburger + fries                                           : Rp 12.000
-         Cheese burger + fries                                       : Rp 15.000
-         King burger + fries                                          : Rp 20.000
-         Double beef and double cheese + fries             : Rp 22.000
-         French fries                                                     : Rp 7.000

7.      
8.     Steak
-         Beef steak                                                        : Rp 23.000                                           
-         Blackpepper                                                    : Rp 25.000
-         Chicken pepper                                                         : Rp 25.000
-         Beef burger                                                      : Rp 27.000

9.     Aneka roti
-         Roti susu keju                                                 : Rp 8.000
-         Roti susu keju coklat                                       : Rp 12.000
-         Roti susu keju coklat strawberry                     : Rp 15.000
-         Roti susu coklat                                              : Rp 10.000
-         Roti susu strawbery                                        : Rp 12.000


10.                        Minuman
Hot and cold dring
-         Cappucino                                                       : Rp 10.000
-         Cafe latte                                                         : Rp 10.000
-         Vanilla latte                                                     : Rp 12.000
-         Cramel latte                                                     : Rp 12.000
-         Green tea latte                                                 : Rp 15.000
-         Mochacino                                                       : Rp 12.000
-         Choco mint                                                      : Rp 12.000
-         Chocolate                                                        : Rp 10.000
-         Lemon tea                                                        : Rp 8.000
-         Fanta                                                               : Rp 5.000
-         Colla                                                                : Rp 5.000

Dessert
-         Tiramisu                                                                   : Rp 12.000
-         Semifreddo                                                      : Rp 15.000
-         Matcha green tea                                             : Rp 15.000
-         Es campur tape ketan hitam                                     : Rp10.000
-         Strawberry Mousse Puding                                       : Rp 12.000
-         Orange cake puding                                         : Rp 12.000
-         Es semangka melon                                         : Rp 10.000
-          Es Agar-Agar Domino                                   : Rp 10.000

Analisis Marketing

·         Penjualan

      Penjualan dilakukan 7 kali dalam seminggu tidka ada libur, dilakukan dari pagi pukul 09.30 hingga malam  hari pukul 10.00. Kami juga menerima pesanan dalam jumlah kecil dan menengah, dikarenakan  modal yang terbatas kami belum mampu melayani jumlah pesanan yang besar.

Pembagian hasil kerja

      Usaha SEGAR CAFE  ini merupakan usaha yang dirintisoleh saya sendiri kemudian berencana mengembangkannya dengan mencari investor menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata dengan para investor dan para karyawan yang berpartisipasi dalam membantu usaha ini.

nama : Lili Sahara
kelas : 3sa04
Npm : 14612204















Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA BARUUUUUUUUU~~~

MY KOCE Kadang terfikirkan jika saja mereka bisa berbicara aku ingin sekali bertanya kepada mereka mengenai makanan yang aku berikan kepada mereka, pertanyaan yang ingin kutanyakan ialah...   lebih enak mana ikan tongkol atau makanan petshop ?? HAHA Kebanyakan orang tua yang mempunyai anak perempuan yang umurnya sudah matang alias dewasa biasanya akan menanyakan mengenai ‘’jodoh’’. Dan biasanya lagi wanita yang sudah memiliki umur yang cukup matang bisa dikatakan sekitar 19-25 mereka akan dinikahkan oleh orang tua mereka, caranya berbeda-beda sih.. ada yang dicarikan jodoh dan adapula yang mencari jodohnya sendiri lalu menunjukan dan mengenalkan calon si wanita kepada orang tua mereka. Kebanyakan wanita yang sudah di suruh menikah oleh orang tua nya yaitu mereka yang tinggal di di daerah, saya megatakan seperti ini didasarkan oleh pengalaman mengenal teman yang tinggal di semua daerah di Indonesia, kebanyakan yang sudah menikah sejak berumur 19 mereka yang bertinggal d

LUKISAN DAN BERLIAN

CERITA INI DIBUAT OLEHKU KARENA AKU TIDAK BISA BERKATA BANYAK DI SINI.. AKU HANYA BISA MENGATAKAN SILAHKAN MEMBACA CERITA PENDEK DARI AKU AND ENJOY IT ! LUKISAN DAN BERLIAN By Lili Sahara Pukul 06.30 kesibukan sudah terdengar di kediaman Tuan Bellingham dan Nyonya Erika dengan rumah yang bisa dikatakan besar dengan 3 pembantunya itu bertempat di tengah pedesaan yang indah dan sejuk banyak sekali perkebunan teh, perkebunan bunga matahari dan ada juga sawah yang selalu di datangani petani setiap pagi untuk menanam padi, jagung dll,   yang membuat para konglomerat   tergiur dan bersedia untuk tinggal di Desa itu. Pada pagi itu Erika harus pergi ke toko Emasnya yang berada di Kota biasanya ia mengunjung toko emasnya tersebut 2 minggu sekali yaitu untuk mengecek barang-barang, hasil penjualan emas, pembelian, dan kebersihan toko besarnya itu juga harus ia perhatikan dengan saksama. Erika adalah wanita rapih, bersih dan juga kaya kerena kekayaannya itu membua