Langsung ke konten utama

kewirausahaan

tugas 1

Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi.

 Kewirausahaan (Entrepreneurship) berasal dari bahasa Perancis : yang artinya Perantara
Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru .

Tiga jenis perilaku :
1.    Memulai inisiatif
2.    Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis
3.    Diterimanya resiko dan kegagalan
Inovasi adalah kunci penting seorang wirausahawan

Karakteristik Wirausahawan Menurut McClelland :
1. Keinginan untuk berprestasi
2. Keinginan untuk bertanggung jawab
3. Preferensi kepada resiko-resiko menengah
4. Persepsi kepada kemungkinan berhasil
5. Rangsangan oleh umpan balik
6. Aktivitas energik
7. Orientasi ke masa depan
8. Keterampilan dalam pengorganisasian
9. Sikap terhadap uang

karakteristik wirausahawan yang sukses dengan n Ach tinggi
•     Kemampuan inovatif
•     Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity)
•     Keinginan untuk berprestasi
•     Kemampuan perencanaan realistis
•     Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan
•     Obyektivitas
•     Tanggung jawab pribadi
•     Kemampuan beradaptasi
•     Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator

3 kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut McClelland yaitu kebutuhan untuk berprestasi (n Ach), kebutuhan untuk  berafiliasi (n Afill) dan kebutuhan untuk berkuasa (n Pow).
Contoh kebutuhan untuk berprestasi  (n Ach) adalah memiliki minat untuk selalu belajar dari keputusan yang telah diambil, Menetapkan nilai yang akan dicapai atau menetapkan standar unggulan, berusaha mencapai cita-cita.
Contoh kebutuhan berafiliasi  (n Afill) adalah Lebih suka bersama orang lain daripada sendiria, Menunjukkan dan memelihara sikap setia terhadap teman dan keluarga,
Contoh kebutuhan untuk berkuasa adalah Pegawai  yang mau diatur oleh seorang wirausahawan, sehingga wirausahawan tersebut cukup berkuasa di bidang masing-masing.

Sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru
1.    Konsumen
2.    Perusahaan yang sudah ada
3.    Saluran distribusi
4.    Pemerintah
5.    Penelitian dan Pengembangan



Unsur dasar analisa pulang pokok antara lain:

a. Biaya tetap biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisaran perubahan volume kegiatan tertentu.Besar kecilnya biaya tetap dipengaruhi oleh kondisi perusaha an jangka panjang, teknologi dan metode serta strategi manajemen.
b. Biaya variabel: biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan.
c. Biaya total: keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produksi dalam proses input otput.
d. Pendapatan total : Pendapatan total adalah semua nilai rupiah penjualan yang terakumulasi dari penjualan produk. Sesungguhnya pendapatan total meningkat ketika lebih banyak produk yang terjual.
e. Keuntungan : Keuntungan didefinisikan sebagai jumlah pendapatan total yang melebihi biaya total dari produksi barang yang dijual.
f. Kerugian: Kerugian adalah jumlah biaya total produksi barang yang melebihi pendapatan total yang diperoleh dari penjualan barang tersebut.
g. Titik pulang pokok : Titik pulang pokok didefinisikan sebagai situasi di mana pendapatan total organisasi sama dengan biaya totalnya; organisasi hanya memperoleh pendapatan yang hanya cukup untuk menutupi biaya-biayanya. Perusahaan tidak mendapatkan keuntungan maupun tidak mengalami kerugian.

Waralaba ( Franchising)  adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.

Jenis-jenis waralaba
1.Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
2.Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

Pemasaran langsung dalah jenis kegiatan yang ditujukan untuk memperoleh tanggapan dari calon konsumen, baik melalui komunikasi telepon, surat, e-mail atau faks.
Teknik alternatif pemasaran langsung
1.Periklanan terklasifikasi
2. Periklanan display
3. Kiriman pos langsung
4. Katalog penjualan
5. Pemasaran tanggapan langsung media
Pembagian dalam betuk kepemilikan
Bentuk kepemilikan perusahaan :

a. Pemilikan tunggal / perseorangan : (firma)
-Dimiliki dan dijalankan oleh 1 orang
-Pemilik tidak perlu membagi laba

b. Kongsi
- Ada perjanjian tertulis
-Dimiliki 2 orang atau lebih
-Umur perusahaan terbatas
-Pemilikan bersama atas harta
-Ikut serta dalam manajemen dan pembagian laba

c. Perusahaan Perseroaan
-Perusahaan dengan badan hukum
-Kewajiban pemilik saham terbatas pada jumlah saham yang dimiliki
-Pemilikan dapat berpindah tangan
-Eksitensi relatif lebih stabil/permanen

3 alternatif pada saat berhentinya usaha
1.Likuidasi
2.Reorganisasi
3.Perpanjang waktu pembeyaran

LILI SAHARA
2SA04
14612204

http://okesofyan.blog.com/2012/01/04/tugas-kewirausahaan-oke/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA BARUUUUUUUUU~~~

MY KOCE Kadang terfikirkan jika saja mereka bisa berbicara aku ingin sekali bertanya kepada mereka mengenai makanan yang aku berikan kepada mereka, pertanyaan yang ingin kutanyakan ialah...   lebih enak mana ikan tongkol atau makanan petshop ?? HAHA Kebanyakan orang tua yang mempunyai anak perempuan yang umurnya sudah matang alias dewasa biasanya akan menanyakan mengenai ‘’jodoh’’. Dan biasanya lagi wanita yang sudah memiliki umur yang cukup matang bisa dikatakan sekitar 19-25 mereka akan dinikahkan oleh orang tua mereka, caranya berbeda-beda sih.. ada yang dicarikan jodoh dan adapula yang mencari jodohnya sendiri lalu menunjukan dan mengenalkan calon si wanita kepada orang tua mereka. Kebanyakan wanita yang sudah di suruh menikah oleh orang tua nya yaitu mereka yang tinggal di di daerah, saya megatakan seperti ini didasarkan oleh pengalaman mengenal teman yang tinggal di semua daerah di Indonesia, kebanyakan yang sudah menikah sejak berumur 19 mereka yang bertinggal d

tugas ke 6 ilmu sosial dasar masyarakat perdesaan dan masyarakat perkotaan

lili sahara 14612204 2sa04 TUGAS   VI   MASYARAKAT PERDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN 1.   MASYARAKAT *Pengertian :   sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. *syarat-syarat menjadi masyarakat 1.Sejumlah manusia yang hidup bersama dalam waktu yang relatif lama 2.Merupakan satu kesatuan 3. Merupakan suatu sistem hidup bersama, yaitu hidup bersama yang menimbulkankebudayaan dimana setiap anggota masyarakat merasa dirinya masing-masing terikat dengan kelompoknya. *tipe masyarakat masyarakat paksaan, misalnya Negara, masyarakat tawanan, dan lain-lain masyarakat merdeka, yagn terbagi dalam : masyarakat nature, yaitu masyarakat yang terjadi dengan sendirinya, seperti gerombolan, suku, yang bertalian dengan hubungan darah atau keturunan masyarakat kultur, yaitu masyarakat yang terjadi karena kepentingan ked