Langsung ke konten utama

investigasi


Sirup Buah Mengandung Pewarna Pakaian









sirup buah yang sehat sejatinya terbuat dari  ekstra buah-buahan yang alami, namum untuk menekan biaya produksi tak sedikit produsen sirup menggunakan pasta buah yang nutrisinya belum tentu sama dengan buah yang asli. Sirup banyak yang menggemari karena penyajiannya yang peraktis  dan juga cepat dalam penghidangan, sirup juga di sukai semua golongan dari anak-anak sampai yag tua  siruppun bisa di padu padankan menjadi minuman menyegarkan seperti es campur, sop buah dan lain-lain.

sirup yang biasa di temui di pasar dan di tempat jajan anak-anak sebenarnya pembuatannya sangatlah tidak baik bagi tubuh manusia, setelah di lakukan investigasi dan penyelidikn ternyata terbukti pembuatan sirup yang biasa di jual di pasaran tidak menggunakan sari buah sama sekali, seseorang yang mencari nafkah dengan membuat sirup ini menggunakan bahan pewarna tekstil atau pewarna kain, pasta buah dan pemanis sintatik siklamat.

sirup ini bisa di bilang asli karena warna dan rasanya sama seperti sirup aslinya tetapi palsu karena tidak ada sari buah di dalamnya, setelah di ketahui dalam pembuatannya, si pembuat ini atau pelaku yang membuat sirup palsu ini yaitu melakukan dengan memasak air lalu memasukkan pasta buah menambah gula pasir atau gula sukrosa dan memperbanyak pemanis sintetik siklamat dan ternyata pelaku pun menambahkan boraks di dalam sirup ini. alasan menambah boraks ini agar sirup tidak cepat baud an agar sirup bisa cepat laku karena aroma yang di hasilkan dari sirup tersebut. untuk menunggu sirup yang di masak dingin pelaku menyiapkan botol yang di beli dari penjual barang bekas dan juga pelaku tidak lupa untuk membeli tutup botol di penjual barang bekas tersebut. pelaku juga membuat lebel sirup dengan bekerjasama dengan percetakan seharga Rp175.000 untuk 5 lembar. setelah memasukan sirup kedalam botol dan menutup botol dan juga menempelkan lebel pelaku pun menjual sirup tersebut di pasaran.

Di kutip dari reportase investigasi (2012/08/14). seperti  yang di katakana Ibu Sumartini (Dosen Teknologi Pangan Universitas Pasundan) bahwa Gula pasir atau Gula sukrosa yang di jadikan sirup atau di campur kedalam sirup tidak bagus untuk dikonsumsi, karena gula pasir ini lebih cepat masuk ke dalam darah dibandingkan gula buah karena sangking cepat nya masuk gula pasir ke dalam darah akan menyebabkan pangkreas bekerja sangat cepat dan itu tidak bagus untuk tubuh .

kerugian dari sintetik siklamat yaitu akan merusak tubuh manusia dan menyebabkan kangker, pemanis ini berbahaya untuk di konsumsi anak kecil ibu hamil dan ibu menyusui, untuk anak kecil pemanis ini dapat menyebabkan tubuh anak ini menjadi mudah lemas lalu bahaya untuk ibu menyusui dan kerugiannya adalah membuat asi dari si ibu tersendat. Di Indonesia masih di izinkan dalam pemakaian pemanis ini tetapi tetap memakai penakaran, karena jika tidak memakai penakaran akan menyebabkan bahaya bagi tubuh mansia dan menyebabkan kangker.



nama : lili sahara
kelas : 3sa04
npm : 14612204

 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA BARUUUUUUUUU~~~

MY KOCE Kadang terfikirkan jika saja mereka bisa berbicara aku ingin sekali bertanya kepada mereka mengenai makanan yang aku berikan kepada mereka, pertanyaan yang ingin kutanyakan ialah...   lebih enak mana ikan tongkol atau makanan petshop ?? HAHA Kebanyakan orang tua yang mempunyai anak perempuan yang umurnya sudah matang alias dewasa biasanya akan menanyakan mengenai ‘’jodoh’’. Dan biasanya lagi wanita yang sudah memiliki umur yang cukup matang bisa dikatakan sekitar 19-25 mereka akan dinikahkan oleh orang tua mereka, caranya berbeda-beda sih.. ada yang dicarikan jodoh dan adapula yang mencari jodohnya sendiri lalu menunjukan dan mengenalkan calon si wanita kepada orang tua mereka. Kebanyakan wanita yang sudah di suruh menikah oleh orang tua nya yaitu mereka yang tinggal di di daerah, saya megatakan seperti ini didasarkan oleh pengalaman mengenal teman yang tinggal di semua daerah di Indonesia, kebanyakan yang sudah menikah sejak berumur 19 mereka yang bertinggal d

tugas ke 6 ilmu sosial dasar masyarakat perdesaan dan masyarakat perkotaan

lili sahara 14612204 2sa04 TUGAS   VI   MASYARAKAT PERDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN 1.   MASYARAKAT *Pengertian :   sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. *syarat-syarat menjadi masyarakat 1.Sejumlah manusia yang hidup bersama dalam waktu yang relatif lama 2.Merupakan satu kesatuan 3. Merupakan suatu sistem hidup bersama, yaitu hidup bersama yang menimbulkankebudayaan dimana setiap anggota masyarakat merasa dirinya masing-masing terikat dengan kelompoknya. *tipe masyarakat masyarakat paksaan, misalnya Negara, masyarakat tawanan, dan lain-lain masyarakat merdeka, yagn terbagi dalam : masyarakat nature, yaitu masyarakat yang terjadi dengan sendirinya, seperti gerombolan, suku, yang bertalian dengan hubungan darah atau keturunan masyarakat kultur, yaitu masyarakat yang terjadi karena kepentingan ked